Rabu, Februari 8News That Matters

Sinergitas TNI-Polri dan Instansi Terkait di Sekotong, untuk Berkontribusi Majukan Geliat Pariwisata

Lombok Barat, NTB – Dukung geliat pariwisata di Kecamatan Sekotong, personel TNI-Polri Bersama instansi terkait lainnya bersinergi melaksanakan patroli bersama, Jumat (25/11/2022).

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, melalui Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan, dukungan dalam bentuk cipta kondisi yang aman dan Kondusif.

“Melibatkan personel TNI-Polri, Bersama Sat Pol-PP dan Dishub Kabupaten Lombok Barat, dalam memelihar Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Sekotong,” ungkapnya.

Faktor Keamanan Terpenting dalam Mendukung Geliat Pariwisata

Menurutnya, faktor keamamanan merupakan salah satu faktor terpenting, dalam menumbuhkan geliat pariwisata di Kecamatan Sekotong.

“Dalam kegiatan ini, menyasar lokasi dan pelaku wisata, salah satu contohnya merangkul Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Sekotong,” pungkasnya.

Patroli gabungan menyasar sejumlah lokasi wisata dan transportasi laut yang menghubungkan Gili ini, sebagai upaya mengantisipasi perkembangan cuaca ekstrim. Terutama keselamatan penumpang yang akan menyeberang ke beberapa gili yang ada di wilayah hukum Polsek Sekotong.

Dalam kegiatan ini Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta dan Danramil 1606-06 Sekotong Kapten Inf. I Made Suwandi memimpin langsung kegiatan patrol gabungan tersebut.

“Adapun cara bertindaknya, melakukan patroli mobiling di kelompok Bootman (Pokdarwis). Sekaligus melaksanakan pemeriksaan alat keselamatan perahu oleh Dishub Lombok Barat. Seperti lifejacket atau pelampung dan semuanya berfungsi cukup bagus,” pungkasnya.

Pemeriksaan peralatan keselamatan oleh Dishub Kabupaten Lombok Barat ini merupakan agenda rutin yang sering dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan di Laut.

Gencar Lakukan Himbauan Terkait Keamanan dan Keselamatan

Selain itu, sinergitas stake holder Instansi pemerintah, Bersama TNI-Polri guna membackup dalam penertiban jasa angkutan laut sangat penting untuk keamanan dan keselamatan.

“Keamanan dan keselamatan tentunya memiliki peran penting, dalam melayani wisatawan yang akan ke Gili Nanggu dan Gili gili lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Sekotong,” pungkasnya.

Kapolsek Sekotong menambahkan bahwa giat patrol Gabungan, juga guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan. Yang dapat mengganggu kamtibmas serta berdampak kepada geliat pariwisata di Kecamatan Sekotong.

“Harapannya, dengan hehadiran seluruh komponen aparat di lapangan dapat memberikan rasa aman dan juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Sehingga berkontribusi untuk kemajuan pariwisata di Kecamatan sekotong pada khususnya, dan Lombok Barat pada umumnya,” harapnya.

Kapolsek menegaskan, walaupun kegiatan patroli gabungan ini mengedepankan cara Preemtif dan Preventif, namun tetap melakukan cara represif. Bila menemukan pelangaran pidana yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan Masyarakat.

“Tindakan Refresif terhadap semua bentuk gangguan kamtibmas lainnya, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *