Minggu, Februari 5News That Matters

Tradisi Adat Nyongkolan dari Pejeruk Menuju Bajur, Polsek Labuapi Gelar Personel Pengamanan

Lombok Barat, NTB – Polsek Labuapi melakukan pengamanan kegiatan adat nyongkolan, warga dari Pejeruk Ampenan Kota Mataram, yang menuju ke Wilayahnya, Minggu (11/12/2022).

Tepatnya menuju ke Dusun Bajur Ampel, Desa Bajur, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Labuapi, Ipda M. Baejuli, SH mengungkapkan dengan estimasi massa sebanyak 200 orang yang menggunakan jalan Desa Bajur.

“Estimasi massa kurang lebih sebanyak 200 orang, dengan iringan satu rangkaian gendang belek,” ungkap Kapolsek Labuapi.

Sasaran pengamanan meliputi warga yang melaksanakan Nyongkolan dari Pejeruk Kecamatan Ampenan Kota Mataram dan warga masyarakat sekitar.

“Tentunya antisipasi arus lalulintas, agar tidak terjadi kemacetan, yang dapat mengganggu aktifitas Masyarakat sekitar,” katanya.

Sehingga dalam kegiatan ini, Personil melaksanakan pengamanan giat Adat Nyongkolan dengan mengatur arus lalin.

“Sekaligus memberikan himbauan kamtibmas kepada Masyarakat Penyongkol dan warga masyarakat sekitar agar bersama sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif,” pungkasnya.

Tradisi Nyongkolan ini merupakan rangkaian proses perkawinan atau dalam bahasa Lombok (Sasak) Merariq. Kegiatan ini berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria kerumah mempelai Wanita.

Mendapat iringan dari keluarga, kerabat mempelai pria, pemangku adat, memakai baju adat, serta rombongan music. Tujuannya adalah untuk memberi tahukan kepada masyarakat bahwa telah terjadi suatu perkawinan.

“Secara umum seluruh rangkaian kegiatan pengamanan berjalan aman dan lancer, walaupun terjadi peningkatan intesitas arus lalulintas,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *