Rabu, Februari 1News That Matters

Gabungkan Teknik Pertanian Traditional dan Modern, Babinsa Tanak Beak Bersama Kelompok Tani Harpkan Hasil Maksimal

Lombok Barat, NTB – Memasuki musim tanam padi, sejumlah petani mulai melaksanakan beberapa tahapan proses sebelum mulai penanaman bibit padi. Seperti yang di lakukan oleh sejumlah kelompok tani bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tanak Beak Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada melakukan persiapan lokasi penyemaian bibit di Lahan Pertanian milik salah satu warga Desa Tanak Beak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Senin (19/12/2022).

Guna menunjang ketahan pangan di wilayah binaannya Babinsa Tanak Beak Pelda Samsul Haris membantu melaksanakan penaburan bibit padi/penyemaian dengan menebar jerami sebagai media tanam.

Dalam ketereangannya Pelda Samsul Haris mengatakan, “dengan berada di tengah-tengah warga petani yang melaksanakan penyemaian bibit merupakan Langkah awal dalam untuk menjaga ketahanan pangan wilayah binaan dengan menanam padi di bidang pertanian,” jelasnya.

“kami juga melaksanakan pendampingan terhadap para petani yang merupakan kewajiban kami sebagai aparat komando kewilayahan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan di bidang pertanian serta melakasanakan pemetaan wilayah dalam menunjang ketahan pangan,” ucapnya.

Lebih lanjut Pelda Samsul Haris menambahkan, “untuk mencapai hasil yang maksimal, perlu kita perhatikan dan menggabungkan Teknik pertanian traditional dengan modern dalam seluruh tahapan mulai dari penyemaian, pemilihan bibit, penanaman, hingga panen,” tambahnya.

“di mana kita tidak bisa lepas dari Teknik pertanian traditional yang telah di turunkan oleh nenek moyang, dan saat ini teknologi pertanian juga telah menjamur hingga wilayah plosok, untuk itu kita harus menggabungkan dua Teknik ini guna meningkatkan hasil panen nanti,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *